Investasi waktu

Time is Money. Kalimat ini adalah salah satu ungkapan yang digunakan oleh Benjamin Franklin dalam salah satu suratnya berjudul “Advice to A Young Tradesman” pada saat dia bekerja sebagai karyawan magang salah satu perusahaan penerbit milik kakaknya. Meski memiliki hidup masa kecil yang berat, dengan motivasi dan semangat tinggi untuk berkarya di bidang elektro, matematika, pembuatan peta dan politik, pada akhirnya dia menjadi salah satu orang penting yang membuat rancangan Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi AS.

Salah satu hal yang dapat kita pelajari dari kisah hidup Benjamin Franklin adalah kebijaksanaannya atas uang yang sudah dimilikinya sejak dari kecil. Ungkapan Time is Money digunakan untuk menggambarkan bahwa waktu memiliki korelasi besar dengan besarnya uang yang akan dihasilkan dalam hal bisnis. Setiap kerja keras yang dilakukan saat ini akan mengoptimalkan hasil yang didapatkan dikemudian hari.

Ungkapan ini menjadi kian bermakna di masa kini. Dengan adanya kemajuan teknologi, banyak tercipta kreasi-kreasi baru yang inovatif sehingga menciptakan sistem dan tatanan baru yang lebih efektif dan efisien. Setiap aplikasi inovasi yang muncul ke permukaan akan memberikan benefit tambahan untuk masyarakat pengguna. Jika kita telaah dari inovasi-inovasi tersebut, benefit universal yang ditawarkan adalah berupa optimalisasi waktu. Misal terdapat invovasi berupa aplikasi Smartphone yang  menghubungkan antara pengguna dan pemberi jasa transportasi 2 dan 4 roda. Dengan adanya inovasi tersebut, pengguna dengan mudah dapat akses aplikasi tersebut melalui smartphone masing-masing dan dalam waktu singkat, pemberi jasa transportasi tersebut sudah hadir ditempat yang anda inginkan. Begitu pula, dengan jasa transaksi perbankan secara online yang dapat memberikan kemudahan transaksi melalui internet tanpa secara fisik hadir di kantor cabang.

Semua inovasi inilah yang menjadikan waktu menjadi semakin berharga. Dengan bantuan teknologi, waktu yang anda butuhkan dalam melakukan aktivitas tertentu akan menjadi singkat, sehingga memberikan kita waktu lebih untuk melakukan rangkaian aktivitas lainnya yang lebih produktif dan bermakna, seperti meluangkan waktu lebih untuk keluarga, merencanakan pendidikan anak di masa depan atau mempersiapkan bisnis keluarga yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Ungkapan Time is Money ini juga dapat diaplikasikan dalam aktivitas berinvestasi dengan cara “Investasi Waktu”. Dalam hal berinvestasi, salah satu variabel mutlak lainnya yang akan investor hadapi selain risiko adalah waktu. Optimalisasi investasi dapat dilakukan dengan cara melakukan pengelolaan risiko dan “investasi waktu”.

Untuk mengelola faktor risiko, tentunya sebelum melakukan kegiatan investasi, masing-masing dari kita harus mempertimbangkan antara potensi keuntungan dan risiko yang harus ditanggung melalui beberapa faktor seperti tujuan investasi, profil risiko, usia, pekerjaan, keluarga, kondisi utang, pengalaman berinvestasi, jangka waktu investasi,  berapa besar dana yang harus dinvestasikan dan jenis kendaraan investasi apa yang cocok untuk masing-masing dari kita. Beberapa kendaraan investasi tersedia baik investasi di sektor riil maupun sektor pasar modal. Beberapa kendaraan investasi di sektor riil berupa properti, tanah, emas dll. Sementara dari sektor pasar modal, ada saham, obligasi Korporasi, Surat Utang Negara, Reksa Dana dan banyak macam lainnya. Untuk investor pemula, rekomendasi kendaraan investasi yang digunakan adalah Reksa Dana. Beberapa benefit Reksa Dana adalah nominal investasi yang relatif rendah, otomatis terdiversifikasi pada beberapa instrumen investasi sekaligus, dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman, bukan obyek pajak dan transparansi informasi.

Sementara dalam hal investasi waktu, cara yang dapat kita lakukan adalah mengunakan fasilitas transaksi yang pada dasarnya menghemat waktu dan menghasilkan waktu lebih untuk melakukan aktivitas produktif lainnya. Hal ini dapat ditempuh dengan menggunakan fasilitas internet banking, khususnya di PermataNet. PermataNet (internet banking) adalah salah satu bagian dari Permata e-Banking yang merupakan fasilitas transaksi perbankan yang disediakan sebagai perwujudan komitmen PermataBank memberikan berbagai produk dan layanan terbaik untuk nasabah, maupun calon nasabahnya. Di mana pun dan kapan pun, kebutuhan transaksi dapat terpenuhi dengan layanan PermataNet (internet banking).

Layanan PermataNet saat ini sudah memiliki fitur baru berupa transaksi Reksa Dana, dimana nasabah dapat melakukan aktivitas pembelian, pengalihan dan penjualan untuk produk Reksa Dana. Selain nasabah dapat bertransaksi Reksa Dana, fitur pendukung lainnya juga sudah tersedia, antara lain Informasi Produk Reksa Dana, Unit Info dan informasi Mutasi Transaksi Reksa Dana.         

Ingat bahwa Time is  Money. Mulailah berinvestasi saat ini untuk pemenuhan kebutuhan di masa depan. Optimalkan investasi anda dimasa depan dengan pengelolaan risiko yang baik dan investasi waktu. Gunakanlah selalu layanan PermataNet (internet banking) untuk transaksi Reksa Dana anda.

 

Yose Stefanus S.Si., PFM, CFP®, 
AEPP Bonds & WM Lending Product Manager 
PT. Bank Permata Tbk