Manfaat Asuransi Penting yang Harus Anda Ketahui


Menurut wikipedia, asuransi adalah perjanjian atau pertanggungan antara dua belah pihak. Dimana pihak satu berkewajiban membayar iuran/premi, sedangkan pihak yang lainnya berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat. Lalu apa saja manfaat asuransi yang bisa Anda peroleh?

Manfaat Asuransi Secara Umum

Manfaat asuransi adalah memberikan banyak keuntungan secara garis besarnya. Jenis asuransi apapun yang Anda miliki tentu akan menggantikan kerugian finansial atau risiko tak terduga yang dijaminkan.

  1. Membuat hidup menjadi lebih tenang

Apabila Anda bukan tipe orang yang selalu siap dengan segala sesuatu, Anda tentu sangat terbantu dengan kehadiran penyedia layanan jasa asuransi yang mampu meringankan beban Anda.

Asuransi bermanfaat untuk memberikan keamanan dari risiko ketidakpastian dan dipercaya lebih mampu meningkatkan rasa percaya diri bagi individu pemegangnya. Ketika Anda merasa terlindungi secara finansial oleh asuransi, tentu hidup Anda menjadi lebih tenang dan tidak perlu panik apabila suatu saat mengalami kerugian.

  1. Membantu meminimalkan kerugian

Sesuai jenis asuransi masing-masing, fungsi utama kepemilikan asuransi tentu membantu para pemegang polis untuk meminimalkan kerugian yang tak terduga, seperti kecelakaan, bencana kebakaran, dan biaya rumah sakit.

  1. Bisa menjadi investasi yang menjanjikan

Meskipun produk asuransi ini bukan instrumen investasi, namun perannya bisa seperti investasi. Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis asuransi, Anda akan mendapatkan jaminan pengembalian asuransi pada akhir kontrak. Asuransi untuk investasi memberikan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan, misalnya 5 tahun, 7 tahun, dan 10 tahun.

Pengelolaan dana investasi dalam asuransi dikelola oleh manajer investasi profesional sehingga terbilang menjanjikan yang hasilnya bisa sebanding dengan instrumen investasi lainnya.

  1. Membantu mengatur keuangan

Dengan memiliki asuransi, Anda tidak perlu membayar penuh atas kerugian yang dialami karena pihak penyedia layanan jasa asuransi akan menyediakan ganti rugi. Adanya asuransi juga membantu mengurangi pengeluaran tak terduga yang biasanya jauh lebih tinggi dari pengeluaran rutin harian/bulanan Anda.

Di sinilah manfaat asuransi bagi nasabah, terutama Anda bisa merasa terbantu mengatur keuangan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, manajemen keuangan pribadi Anda menjadi lebih aman dan tertata dengan baik.

  1. Menjaga stabilitas keuangan keluarga dan bisnis

Ketika Anda memiliki tanggungan, seperti anak atau pasangan, Anda bisa memikirkan risiko finansial jika terjadi hal tak terduga yang mengancam jiwa. Oleh karena itu, stabilitas keuangan keluarga akan tetap terjaga dengan baik.

Sama dengan bisnis, perlu memiliki asuransi sebab bisa menjaga stabilitas keuangan dan jalannya bisnis perusahaan yang terkadang tidak selalu mengalami keuntungan. Apalagi bisnis atau usaha kecil yang sangat minim modal, maka penting bagi pengusaha kecil memiliki asuransi guna melindungi pengeluaran finansial akibat risiko tak terduga, seperti gagal bayar atas kredit pinjaman modal, risiko kebakaran, gugatan hukum, dan lain-lain.

  1. Meningkatkan kegiatan usaha

Manfaat ini memang berhubungan dengan manfaat yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan meminimalkan risiko yang tak terduga, pengusaha atau pemilik bisnis mampu meningkatkan kegiatan usahanya dengan baik. Dengan demikian, manfaat asuransi bagi perusahaan ialah sebagai pengalih risiko.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Tujuan Operasional

Setelah Anda mengetahui manfaat asuransi secara umum, berikut ini ialah manfaat asuransi yang didasarkan pada tujuan operasionalnya:

  1. Asuransi komersial

Asuransi ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi pemegang saham yang biasanya pelaku asuransi ialah perusahaan swasta. Manfaat asuransi ini bisa dinikmati oleh nasabah pemegang polis perusahaan tersebut.

  1. Asuransi sosial

Asuransi ini dibentuk oleh pemerintah berdasarkan peraturan-peraturan tertentu yang berlaku. Selain itu, asuransi sosial ini juga hanya dinikmati oleh kelompok tertentu saja, seperti para pegawai dan pensiunan pemerintahan.

Manfaat Asuransi Berdasarkan Jenisnya

Selain manfaat dari asuransi yang telah dijelaskan di atas, Anda juga perlu mengetahui manfaat asuransi berdasarkan jenisnya. Simak penjelasan berikut ini:

  1. Asuransi kesehatan

Jenis asuransi ini bisa memberikan pertanggungan atas biaya perawatan kesehatan, baik rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, pembedahan, dan lainnya.

  1. Asuransi jiwa

Fungsinya yaitu bisa memberikan santunan atas risiko cacat tetap atau meninggal dunia. Santunan ini biasanya diberikan oleh asuransi jiwa untuk menjamin kelangsungan hidup keluarga yang ditinggalkan.

  1. Asuransi jaminan hari tua

Tujuannya memberikan kepastian pendapatan pemegang polis saat menjalani masa pensiun yang dananya akan digunakan untuk berbagai macam keperluan di masa mendatang.

  1. Asuransi pendidikan

Asuransi jenis ini bisa disebut sebagai alternatif tabungan pendidikan bagi anak yang direncanakan akan menjalani masa sekolah di tingkat SD hingga perguruan tinggi. Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua, yakni proteksi dan investasi.

  1. Asuransi kendaraan bermotor

Jenis asuransi ini memberikan jaminan perlindungan dari kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor bagi para pemegang polis. Jenis kerugian atau kerusakan tersebut meliputi: kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat orang lain, pencurian, dan kebakaran.

Dari beberapa manfaat di atas, mulai dari manfaat memiliki asuransi secara garis besarnya, berdasarkan tujuan operasional, hingga jenisnya, Anda tentu semakin paham mengenai manfaat asuransi. Asuransi jelas memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk masa depan yang memang tak terduga.

Asuransi tidak hanya menjamin aset tetapi juga bisa sebagai investasi, penjamin biaya pendidikan anak, jaminan kesehatan, dan lain sebagainya. Lalu mengapa masih ragu? Yuk asuransikan dana Anda demi masa depan yang lebih baik.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.