Hendak ajukan Klaim Asuransi Mobil, Ini Cara Klaim Asuransi Mobil


Buat kalian yang belum paham cara klaim asuransi mobil, kita akan membahas langkah apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk mengajukan klaim kendaraan. Karena masih banyak nih yang ga paham cara mengklaim asuransi yang bisa berakibat pengajuan klaim kalian ga diterima oleh pihak asuransi. Oke langsung aja ya kita bahas untuk cara.

Cara Klaim Asuransi Mobil Mandiri Tunas Finance

Buat kalian yang menggunakan asuransi mandiri tunas finance, kalian wajib paham nih cara klaim asuransi mobil di perusahaan tersebut supaya pengajuan klaim kendaraan kalian terhindar dari penolakan.berikut caranya:
  • Pertama, kalian mengisi formulir terlebih dahulu.
  • Kemudian siapkan FC KTP dan FC SIM.
  • Lalu lampirkan STNK yang asli.
  • Lampirkan STPL atau Surat Tanda Penerima Laporan dari pihak kepolisian, ingat yang asli ya bukan fotokopian.
  • Siapkan kunci kendaraannya beserta dengan kunci cadangannya.
  • Siapkan Polis Asuransi.
  • Lalu Surat Pemblokiran Ranmor.
  • Kemudian Surat Keterangan Kehilangan Kendaraan.

Jenis tanggungan dari Asuransi MTF (Mandiri Tunas Finance)

Asuransi Mandiri Tunas Finance memberikan penawaran yang terdiri dari 2 jenis tanggungan seperti perusahaan asuransi lainnya. Adalah asuransi all risk serta asuransi total loss only.
Dari dua jenis tanggungan tersebut, terdapat ada perbedaan diantara keduanya, apa saja? Yuk simak.
  • Asuransi All Risk memberikan penawaran terkait pertanggungan secara komprehensif pada semua risiko kendaraan sampai dengan kehilangan. Jika benar secara menyeluruh artinya segala kerusakan kendaraan mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar seluruhnya diurus oleh asuransi. Tapi perlu diingat ya untuk preminya asuransi all risk bisa lebih mahal.
  • Asuransi TLO tentunya tidak sama dengan asuransi all risk, pada asuransi ini hanya akan menanggung kerusakan sampai 75 persen saja. Kekurangan dari asuransi TLO ini apabila kerusakan kendaraan kurang dari 75 persen maka kalian tak bisa mengajukan klaim. Kelebihannya adalah biaya premi yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan asuransi all risk.
Apabila kalian hendak membeli mobil secara kredit di Mandiri Tunas Finance. Maka kalian bisa memilih asuransi all risk karena 5 tahun lebih lama akan tetapi premi yang akan dibayarkan menjadi mahal.
Oleh sebab itu, sesuaikan asuransi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga keuangan kalian.

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Bagi yang menggunakan Asuransi Sinarmas, kalian wajib tahu nih gimana cara klaim Asuransi Mobil Sinarmas. Kita langsung saja ya simak cara-caranya.
1. Melaporkan Kejadian.
Pihak sinarmas dapat memberikan buat kalian yang hendak melaporkan kejadian. Kejadian bisa kalian melaporkan secara tulisan melalui berbagai cara berikut.
• Kalian hubungi customer care 24 jam melalui 021-50507888/23567888.
Usahain ya buat kalian untuk melapor kejadian secepat mungkin maksimal 5 hari setelah insiden kecelakaan.
2. Lengkapi Persyaratan.
Jika laporan kalian sudah masuk, maka ada baiknya kalian lengkapi persyaratan yang diminta dan sesuai dengan insiden yang kalian alami. Setelah itu, pihak sinarmas akan memberi schedule survey kendaraan kalian dan mengecek terkait kelengkapan berkas yang diminta asuransi sinarmas. Kalian sebagai nasabah boleh pilih tempat survey seperti dirumah, atau di kantor cabang sinarmas sesuai domisili terdekat kalian.
3. Melakukan Survey Kendaraan.
Jika jadwal untuk survey sudah ditentukan. Pihak surveyor melakukan pemeriksaan kendaraan yang rusak. Apabila mendapat persetujuan, maka pihak surveyor akan menentukan terkait rencana perbaikan.
4. Menerbitkan SPK (Surat Perintah Kerja).
Apabila survey sudah selesai dan dokumen sudah lengkap maka nasabah akan mendapatkan SPK. Pada surat ini nantinya menjadi bukti untuk memproses perbaikan kendaraan baik untuk pencairan klaim maupun bengkel rekanan.
5. Menyelesaikan Klaim.
Dan yang terakhir adalah pihak bengkel akan memulai perbaikan pada kendaraan sesuai dengan surat perintah kerja (spk). Umumnya, dalam waktu kurang lebihnya 3 hari dapat selesai apabila dokumen sudah lengkap. Disisi lain, jangka waktu proses perbaikan tidak menentu tergantung kerusakannya apabila kerusakannya ringan maka dapat selesai dengan cepat.

Cara Klaim Asuransi Mobil Aca rugi Sebagian

Ada baiknya, jika kalian memulai dengan memberitahukan perusahaan ACA sebagai langkah awal dalam memulai laporan. Apabila sudah melakukan pelaporan, baik itu lewat layanan hotline maupun via situs resmi dari ACA, kamu dapat memperoleh nomor laporan klaim serta jadwal waktu untuk survei kendaraan. Berikutnya, kamu harus mengikuti cara-cara klaim partial loss atau rugi sebagian sebagai berikut.
• Persiapkan dokumen yang berhubungan dengan pelaporan, diantaranya adalah SIM, STNK, polis asuransi, KTP.
• Sesudah survei, kamu diminta untuk mengisi formulir klaim.
• Apabila pengajuan klaim kamu dapat diterima oleh pihak asuransi, maka pihak aca akan melakukan penerbitan SPK atau Surat Perintah Kerja kepada bengkel rekanan untuk melaksanakan kegiatan perbaikan pada kerusakan kendaraan milik kamu.

Cara klaim asuransi mobil ACA heavy loss

Klaim dengan cara seperti ini, biasanya kamu akan mendapatkan fasilitas berupa mobil derek. Survei yang dilakukan dari pihak asuransi akan dilaksanakan di bengkel rekanan secara langsung.Apabila ditemukan bahwa skala kerusakan mencapai 75 persen atau mungkin lebih parah dari yang diperkirakan maka klaim kamu akan mendapat kategori sebagai Constructive Total Loss.
Jika sudah seperti itu, maka jumlah uang pertanggungan yang didapatkan dari pihak asuransi aca maka akan disesuaikan dengan nilai kendaraan kamu pada saat terjadi kerugian.
Itulah pembahasan mengenai cara klaim asuransi mobil pada kali ini. Tujuan dari pembahasan ini semata-mata untuk memberi edukasi kepada pembaca bahwa jika ingin mengambil asuransi untuk kendaraan kamu maka pilihlah premi yang terjangkau karena apabila kamu mengambil premi yang mahal tapi tidak sesuai dengan budgetmu maka asuransi hanya akan jadi boomerang saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.