Banyak Sekali Keuntungan Investasi Emas, Dijamin Kamu Tidak Akan Rugi!

Banyak masyarakat yang masih bingung mengenai investasi. Meskipun saat ini banyak cara investasi yang tersedia, namun tidak jarang yang memiliki risiko tinggi. Menurut berbagai pakar bisnis, salah satu investasi yang memiliki risiko rendah adalah emas. Nah, buat kamu yang sudah berencana untuk berinvestasi, tidak ada salahnya kok baca ulasan mengenai berbagai keuntungan investasi emas di bawah ini. Simak baik-baik ya!

Berinvestasi Emas Antam

Berbicara mengenai emas, salah satu produsen emas paling terpercaya di Indonesia adalah emas antam. Terdapat beberapa keuntungan investasi emas antam jika kamu bandingkan dengan yang lain.

Pertama, emas antam sulit untuk dipalsukan. Ada corak dan ciri khusus pada produk emas antam. Kedua, emas antam memiliki sertifikat penyerta ketika kamu membelinya. Dalam sertifikat itu kamu akan mendapatkan keterangan mengenai dimensi emas, berat emas, kandungan atau kadar dari emas itu sendiri, dan nomor seri emas. Jadi setiap emas antam memiliki nomor seri sendiri-sendiri sehingga sulit untuk dipalsukan.

Oh iya, untuk lebih yakin mengenai emas antam, kamu bisa beli langsung ke PT. Antam atau ke tempat distribusi resmi antam seperti PT. Pegadaian ya.

Cara Berinvestasi Emas Batangan yang Aman

Tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk berinvestasi emas batangan dalam jangka waktu yang panjang. Cara konvensional yang cenderung klasik ini masih banyak peminatnya dan memang menjadi salah satu keuntungan investasi emas batangan. Masyarakat akan membeli emas batangan di saat harga cenderung turun atau landai dan menyimpannya dalam jangka waktu yang lama kemudian menjualnya kembali.

Kadar emas batangan mencapai 99,99% dan bisa dikatakan sebagai emas murni, jadi kamu tidak usah khawatir menyimpannya dalam waktu yang lama. Satu yang pasti adalah simpan emas batangan yang kamu punya ke tempat yang rahasia dan aman, sehingga tidak banyak orang tahu tentang emas batangan tersebut.

Sedikit informasi tambahan nih, emas batangan itu dikelompokkan menjadi dua macam. Pertama adalah emas batangan gold bar minted yaitu emas batangan berukuran kecil. Pada umumnya emas batangan kecil inilah yang dimiliki oleh masyarakat mulai dari berat 1 (satu) gram hingga 100 (seratus) gram.

Kedua adalah emas batangan gold bar cast yaitu emas batangan berukuran besar. Pada umumnya emas ini dipakai untuk bahan pembuatan perhiasan sehingga kadar yang dimiliki pun bervariasi antara 14 (empat belas) karat sampai 24 (dua puluh empat) karat.

Persentase Keuntungan Investasi Emas

Emas merupakan sarana yang sudah banyak masyarakat ketahui di Indonesia. Bisa dengan mudah untuk dicairkan baik dalam jangka waktu pendek, menengah, atau panjang. Harga emas yang cenderung stabil dan naik, menjadikan investasi emas menjadi salah satu favorit yang disukai oleh masyarakat.

Mungkin kamu bertanya-tanya, memang berapa sih keuntungan investasi emas itu? Dari segi nilai meskipun terkadang emas mengalami penurunan, tetapi keuntungan menabung emas hamper dipastikan akan mengalami peningkatan secara konsisten. Kenaikan ini terjadi karena mengikuti kondisi perekonomian dari ruang lingkup global hingga domestik.

Berdasarkan data jual-beli emas yang beredar di masyarakat, keuntungan investasi emas dalam setahun mengalami peningkatan 5 (lima) hingga 20 (dua puluh) persen. Karena itu emas menjadi primadona investasi jangka panjang dengan risiko yang terbilang rendah. Kebayang gak kira-kira berapa hasil investasi yang bisa kamu peroleh 10 (sepuluh) sampai 20 (dua puluh) tahun yang akan datang?

Beberapa Manfaat Berinvestasi EmasĀ 

Untuk semakin meyakinkan kamu mengenai investasi emas, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat berinvestasi emas.

  1. Harga penjualan dan pembelian mudah dipantau

Keuntungan berinvestasi emas adalah dapat dipantau dengan mudah. Setiap harinya harga emas akan selalu terupdate, jadi kamu tidak usah khawatir untuk tertipu ya.

2. Cukup memiliki modal kecil

Saat ini banyak toko atau platform yang menawarkan jual-beli emas dengan harga yang bersahabat. Kira-kira saat kamu memiliki uang sebanyak Rp 500.000,- kamu sudah bisa untuk berinvestasi.

3. Emas menjadi pelindung nilai

Perlu kamu ketahui, meskipun terjadi inflasi harga emas tetap lebih tahan dan cenderung stabil. Dengan stok emas yang terbatas, tetapi masyarakat akan tetap mencarinya sebagai investasi.

4. Emas sebagai dana darurat

Mungkin kamu sedang kesulitan keuangan atau butuh modal untuk usaha? Jika sebelumnya sudah memiliki emas, masalah tersebut dapat terselesaikan. Emas yang cenderung tahan dengan inflasi, ketika kamu menjualnya harga yang diberikan tidak akan jauh turun drastis. Kamu bisa cek melalui internet untuk harga emas terupdate saat ingin menjualnya agar tidak merasa tertipu ya.

5. Harga emas meningkat

Harga emas yang terus mengalami peningkatan meskipun tidak drastic tetap memberikan prospek menjanjikan buat kamu. Dalam beberapa kasus, meskipun terjadi krisis tetapi harga emas selalu stabil dan tidak mengalami penurunan yang tajam.

6. Investasi emas aman dan tidak merepotkan

Ketika kamu sudah niat berinvestasi emas, tinggal pilih deh mau investasi emas batangan atau online. Jika memilih emas batangan, kamu butuh tempat penyimpanan yang aman. Jika kamu memilih emas online, kamu hanya perlu berinvestasi ke platform yang terpercaya dan memperoleh emas dalam bentuk saldo atau digital.

Sudah paham kan mengenai keuntungan investasi emas? Jangan berpikir terlalu lama ya, saat ini harga emas sudah hampir 1 (satu) juta lho setiap gramnya. Kebayang kan gimana nanti beberapa tahun kedepannya? Semoga investasimu berjalan dengan lancar.