Cara Setor Tunai di Atm BRI dan Tips Bertransaksi yang Benar dan Tepat


Didukung dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, dapat memudahkan aktivitas manusia di era modern ini. Salah satunya apabila ingin melakukan transaksi keuangan di bank, anda tidak perlu repot-repot untuk mendatangi bank terdekat karena beberapa aktivitasnya dapat diakses secara online.

Ada banyak hal-hal yang bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan fitur online diantaranya membuat rekening baru, mentransfer uang via mobile banking, hingga melakukan pembayaran sehari-hari menggunakan mobile banking. Hal ini tentunya akan sangat membantu anda untuk melakukan aktivitas pembayaran sehari-hari.

Dengan kemudahan ini maka anda tidak perlu antri di dalam bank, tidak hanya seputar aktivitas yang dilakukan di bank ada juga kemudahan bagi anda yang ingin menabung dengan cara setor tunai. Setor tunai merupakan metode yang dilakukan oleh seseorang ketika akan menambahkan nominal uangnya di kartu ATMnya dengan uang tunai. Apabila hal ini biasa dilakukan dengan mendatangi teller saat ini anda bisa melakukannya dengan mudah tanpa mengantri di dalam Bank.

Saat ini beberapa bank tertentu sudah menggunakan layanan atau fitur setor tunai untuk memudahkan nasabahnya dalam menambahkan jumlah uang di ATM.  Dengan menggunakan metode ini tentunya akan sangat praktis dan efisien. Tapi perlu diketahui bahwasanya tidak semua mesin ATM Bank yang bisa melakukan setor tunai.

Anda perlu mengetahui apakah ATM tersebut menyediakan fitur CDM atau CRM atau tidak karena hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Lalu bagaimana Cara Setor Tunai di Atm BRI?

Berikut akan disajikan bagaimana Cara Setor Tunai di Atm BRI untuk memudahkan anda bertransaksi

Cara Setor Tunai di Atm BRI

  1. Langka pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menetapkan jumlah uang yang akan disetorkan ke ATM

Hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan uang adalah upayakan keadaan uang dalam kondisi baik, seperti tidak dilipat hingga robek, karena secara otomatis mesin akan menolak dengan mengembalikan lembaran uang tersebut.

Tidak hanya kondisi uang yang kurang baik, dengan metode setor tunai anda juga bisa mendeteksi apakah uang tunai yang anda miliki merupakan uang asli atau palsu dengan mudah. Sehingga ketika anda mendapatkan uang palsu sebaiknya penggunaan uang palsu tersebut bisa berhenti dan anda sehingga tidak tersebar luas.

  1. Selanjutnya anda bisa mencari atau mengunjungi ATM BRI yang memiliki fitur CDM atau CRM terdekat.

Karena tidak semua memiliki fitur ini, anda bisa menanyakan kepada security yang berjaga atau orang yang kerap dan sering menggunakan mesin ATM BRI di lokasi tersebut.

  1. Masukan kartu ATM BRI anda dengan benar dan tidak terbaik, selain itu pastikan anda menggunakan kartu dan ATM yang sesuai.
  2. Lakukan akses mesin seperti pada umumnya, termasuk memilih bahasa yang ingin anda gunakan.
  3. Masukan PIN atau password dengan benar dan tepat. Upayakan hindari pengulangan memasukan PIN sebanyak 3 kali karena hal ini bisa menyebabkan ATM BRI anda terblokir.
  4. Setelah masuk ke menu selanjutnya maka anda bisa memilih menu ” Setor tunai” Ke “Tabungan”
  5. Anda bisa melakukan setor tunai dengan mata uang mulai dari Rp 50 Ribu hingga Rp 100 Ribu.

Perlu diperhatikan uang harus dalam kondisi baik, tidak lecek, sobek, atau ada bekas staplesnya.

  1. Setelah itu maka secara otomatis mesin ATM BRI  akan membuka kotak CMD untuk dimasukan uang, pastikan saat peletakan uang dengan rapi.
  2. Secara otomatis mesin akan menutup dan menghitung nominal yang ada.

Apabila nominal tidak sesuai kemungkinan ada uang yang kondisinya tidak bisa diterima oleh mesin CDM. Dan secara otomatis akan dikembalikan melalui kotak CDM.

  1. Setelah selesai maka secara otomatis mesin ATM akan mengembalikan kartu ATM, dan beberapa mesin ATM biasanya akan memberikan struk nominal saldo anda di ATM

Sementara itu mengenai maraknya jebakan atau penipuan yang dilakukan oleh orang-orang dalam bertransaksi melalui ATM maka sebaiknya anda harus berhati-hati dalam bertransaksi menggunakan mesin ATM.

Oleh karena itu berikut adalah tips aman bertransaksi menggunakan mesin ATM Setor Tunai. Dalam melakukan transaksi di ATM sebaiknya anda menjaga kerahasiaan PIN anda. Karena saat ini sedang marak kejahatan berupa Skimming, skimming memiliki arti tindakan menduplikasi data ATM dengan tujuan untuk mencuri uang dalam tabungan ATM anda. Sejatinya menjaga PIN ATM untuk menghindari hal ini saja tidak cukup.

Skimming sendiri umumnya banyak yang menggunakan alat-alat seperti kamera pengintai yang ditempelkan di sudut mesin ATM dimana biasanya hal ini akan di curi data ketika kita memasukan PIN ATM. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan sebelum melakukan transaksi di ATM untuk menghindari praktek skimming.

  1. Perhatikan mesin ATM

Patikan tidak ada alat yang mencurigakan di mesin ATM

  1. Perhatikan lokasi ATM BRI

Pemasangan Skimming lebih rawan terjadi dilakukan pada mesin ATM yang sepi, karena pemasangan skimming membutuhkan waktu yang lama.

  1. Mengganti PIN secara berkala

Sebaiknya mengganti PIN secara berkala maka dapat dipastikan pencuri uang akan gagal menguras dana anda.

  1. Pastikan kartu ATM BRI anda dilengkapi dengan lempeng digital data (Chip)

Hal ini akan sangat berguna untuk menghindari praktek skimming. Hal ini sudah dianjurkan oleh Bank Indonesia, dengan hal ini akan lebih mudah untuk melacak tindakan kejahatan berupa Skimming.

Demikianlah informasi seputar bagaimana Cara Setor Tunai di Atm BRI dan bertransaksi dengan bijak dengan menggunakan mesin ATM.


Leave a Reply

Your email address will not be published.