Sekapur Sirih

BY: Anton Ismael

antonismael_

Pameran fotogra dan instalasi kali ini adalah hasil perbincangan di lokakarya yang diadakan oleh PermataBank di bulan Februari. Pameran ini diiku oleh tujuh orang peserta dengan latar belakang yang beragam. Di sela-sela kesibukan pekerjaan, peserta saling berdiskusi dan sering kali mereka bongkar pasang ide untuk mencari sejauh apa kemungkinan ar s knya. Lanskap ide pameran ini tentang kultur uang di kehidupan sehari hari. Uang tak dipungkiri menjadi muara dalam segala hal, membantu menyelesaikan persoalan hidup, tapi bukan berar kita dikendalikan oleh uang. Sadar atau dak sekecil apapun nominalnya, uang memberi kesempatan untuk masa depan. Memberi pilihan manusianya untuk menguasai atau dikuasai. 

Dengan bahasa visual peserta menyampaikan pengalaman sehari hari dan kejadian di sekitar mereka. Barter Hasrat karya Ana Riana mencoba melihat fungsi dan peran uang di kehidupan modern. Gaya hidup perkotaan yang ditangkap dengan sudut pandang karya ini berkaitan dengan latar belakang Ana sebagai anak muda yang ap hari menempuh jalur besi untuk ba di kantornya. Rumah keduaku karya Ginanjar Ummi Pra wi menggambarkan hubungan orang tua dan anak di lingkungan kantor. Bagi wi lingkungan pekerjaan menjadi atmosfer yang lain bagi seorang anak untuk mengenal nilai nilai orang tuanya. Kerinduan Tiwi sebagai relawan pendidikan di Pulau Rote menjadi pendekatan dalam merangkai pesan dalam karyanya. Zul kar Iqbal sebagai pemuda yang ak f dalam skena seni ia mengajak 9 orang di sekitarnya untuk melihat bagaimana uang diprioritaskan. Ia berperan sebagai perantara bagi kita untuk menyaksikan rahasia dari isi dompet orang orang yang ia pilih. Dengan karya ini ia mengungkapkan Money Journey bahwa uang juga punya kisahnya. Peserta lain dalam pameran ini juga punya gagasan yang spektrumnya bervariasi, menjadikan Bicara Uang makin utuh sebagai tema pameran. 

secara total membuat perubahan dan keberanian untuk melakukan hal diluar kebiasaan. Menantang dan melewa batas bagi anak muda adalah keniscyaan. Semoga menjadi awal yang baik. Selamat.